IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III

Amalia Putri Hapsari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan membaca siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif desrkiptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan membaca sebanyak tiga siswa beserta orang tua, guru wali kelas, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan dari empat faktor terdapat tiga faktor yang menjadi penyebab kesulitan membaca di MI Ma’arif Darussalam. Tiga faktor tersebut yaitu faktor psikologis, faktor sosio-ekonomi, dan faktor eksternal. Faktor psikologis terdiri dari: 1) emosi, 2) intelegensi, 3) konsep diri, 4) kemampuan berbahasa, 5) sikap dan minat, 6) kebiasaan membaca, 7) pengetahuan tentang cara membaca, dan 8) pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Faktor sosio ekonomi terdiri dari latar belakang sosial. Faktor eksternal terdiri dari: 1)penyelenggaraan pendidikan yang kurang tepat, dan 2) fasilitas yang disediakan.

Kata kunci: kesulitan membaca, faktor-faktor, siswa


Abstract

This research aims at describing the factors causing reading difficulty in third grade. The type of this research is descriptive qualitative. Subject data in this research are three students along with parents, homeroom teachers, and headmaster. Data collection techniques used observation, interviews, field notes, and documentation. The data analysis technique used data condensation, data presentation, and conclusion / verification. The results of the research showed that from four factors, there are three factors that caused reading difficulties. Three factors are psychological factors, socio-economic factors, and external factors. Psychological factors consist of: 1) emotions, 2) intelligence, 3) self-concept, 4) language skills, 5) attitudes and interests, 6) reading habits, 7) knowledge of how to read, and 8) prior knowledge. Socio-economic factors consist of social backgrounds. External factors consist of: 1) inappropriate education, and 2) facilities provided.

Keywords: reading difficulty, factors, students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.