EVALUASI PENGUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GLS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN

Desiska Astuti Purnama Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi penguatan karakter gemar membaca melalui GLS siswa kelas V SDN Gembongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, kepala sekolah, guru, dan tenaga pustakawan SDN Gembongan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penguatan karakter gemar membaca melalui GLS sudah berjalan dengan baik. Tahap pembiasaan sudah berjalan dengan baik yang ditunjukkan dengan terlaksananya kegiatan 15 menit membaca di awal, tengah, dan akhir pembelajaran. Tahap pengembangan sudah terlaksana dengan cukup baik yang ditunjukkan dengan terlaksananya pencatatan judul dan nama pengarang buku bacaan pada buku harian siswa serta kegiatan menanggapi buku pengayaan. Tahap pembelajaran sudah berlangsung dengan cukup baik yang ditunjukkan dengan penggunaan buku pengayaan pada semua mata pelajaran. Evaluasi yang harus di perhatikan adalah berkaitan dengan pembaharuan sudut baca, pembentukan TLS dan pengelolaan perpustakaan.

Kata Kunci : karakter gemar membaca, gerakan literasi sekolah.


Abstract

This study aims at describing the evaluation of character reinforcement reading literacy through GLS in the fifth grader of Gembongan Elementary School. This type of research is qualitative evaluation research. The research subjects are the fifth students, principals, teachers, and librarians of Gembongan Elementary School. The techniqur of collecting this study was observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study showed that the implementation of character reinforcement reading literacy through GLS had gone well. The habituation stage has gone well which was indicated by the implementation of 15 minutes of reading activities at the beginning, middle, and end of learning. The development phase has been carried out quite well as indicated by the implementation of recording the title and name of the reading book in the student's diary and activities in response to the enrichment book. The learning phase has taken place quite well as indicated by the use of enrichment books on all subjects. Evaluation that must be considered was related to the renewal of reading angles, the establishment of TLS and library management.

Keywords: reading literacy character, school literacy movement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.