STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS 6 DI SD NEGERI 01 JAGOI BABANG

Nurul Hidayah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku menyimpang siswa kelas 6 SD Negeri 01 Jagoi Babang. Fokus penelitian ini yang diajukan adalah perilaku menyimpang siswa kelas 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa berperilaku menyimpang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sehari-hari siswa berperilaku menyimpang adalah malas belajar yang mengakibatkan bolos sekolah, merokok, berkeluyuran malam, dan menggunakan pakaian ketat dan seksi. Siswa juga memiliki perilaku rajin dan peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekolah. Faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Perilaku menyimpang lebih dipengaruhi faktor eksternal yaitu pengaruh orang tua, pengaruh lingkungan sosial dan pengaruh pergaulan dengan teman.

Kata kunci: perilaku menyimpang, faktor

 

Abstract

This research describes about the deviant behavior of 6th grade students in SD Negeri 01 Jagoi Babang. This research used descriptive qualitative research type with case study approach. The subject of this research was students behave deviant. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. The data analysis technique used the interactive model techniques of Miles & Huberman (data reduction, data presentation and conclusion drawing). The validity test used a credibility test by triangulating data. The results show that the daily behavior of students behaving deviant among them is lazy to learn which resulted in skipping school, smoking, wandering late into the night, and using tight and sexy clothes. These students also have diligent behavior and care about environmental cleanliness at school. The factors that influence students' deviant behavior are caused by internal and external factors. This deviant behavior is more influenced by external factors, namely the influence of parents, the influence of the social environment and the influence of relationships with friends.

Keywords: deviant behavior, factors


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.