PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS

Fahmi Nuruzzaman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode Time Token Arends pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SD 1 Sekarsuli Yogyakarta. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD 1 Sekarsuli yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara melalui metode Time Token Arends. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penilaian siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pratindakan, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 5 siswa atau 22% dengan nilai rata-rata kelas 67. Setelah dilakukan tindakan, siswa
yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 20 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata 82.

Kata Kunci: Time token arends, keterampilan berbicara, siswa kelas 5.


Abstract

This research aims at improving speaking skills by using Time token arends method on Indonesian language subjects for students grade V of SD 1 Sekarsuli Yogyakarta. This type of research was Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle consist of a series of step, they were planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were 22 students of grade V of SD 1 Sekarsuli. The object of this research was speaking skills through
the Time token arends method. The instruments used in this research were observation sheets and student assessment sheets. The research data were analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The results show an increase, in pre-action students who passed the minimum score are 5 students or 22% with an average score is 67. After the action is taken, student’s average score improve to 82 and 20 students or 90% passed the minimum score.

Keywords: Time token arends, speaking skills, grade 5 students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.