UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD

Antonius Bayu Bimantara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Lempuyangan, Danurejan, Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan model Cooperative Learning. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Lempuyangan, Danurejan, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Lempuyangan yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model Cooperattive Learning dengan tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Lempuyangan. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan model Cooperative Learning nilai rata-rata meningkat dari 47,14 menjadi 70,36 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21% menjadi 64%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 64% menjadi 82%.

Kata kunci: cooperative learning, prestasi belajar IPS.


Abstract

This reseach aims at improving the fourth-grade student’s ips achievement applying Cooperative Learning model in SDN 1 Lempuyangan, Danurejan, Yogyakarta school year 2017/2018. This classroom action research used Kemmis and McTaggart model. This research was conducted in Lempuyangan 1 elementary school, Danurejan, Yogyakarta. The subjects of this study were the fourth-grade students of SDN 1 Lempuyangan which was consisted of 21 male students and 7 female students. The data gathering techniques used in this research were tests and observations. The research instruments was in form of tests and observation sheets. The research data were analyzed using descriptive qualitative and descriptive quantitative method. The result of research by applying Cooperative Learning with Teams Games Tournament (TGT) can increase student’s learning ips achievement in SDN 1 Lempuyangan. Based on the test of cycle I, after using Cooperative Learning model, the average score increase from 47,14 to 70,36 with the learning mastery which also increase from 21% to 64%. In cycle II, with the improvement of handicaps find in the cycle I, the average score were 80 with the learning mastery which also increase from 64% to 82%.

Keywords: cooperative learning, ips learning achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.