PENINGKATAN PERILAKU KERJA KERAS SISWA KELAS V MELALUI METODE TALKING STICK

Ahmad Mursyid Arkan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku kerja keras melalui metode pembelajaran Talking Stick pada peserta didik kelas V SD Negeri Pokoh 2 Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model desain penelitian Arikunto.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pokoh 2 Sleman, dengan subjek penelitian peserta didik kelas V yang berjumlah 16 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan dua pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku kerja keras peserta didik setelah menerapkan metode Talking Stick pada pembelajaran Peningkatan dapat dilihat dari hasil angket dan pengamatan peserta didik.

Kata kunci : perilaku kerja keras, Talking Stick

 

Abstract

This study aims at improving hard work behavior through the Talking Stick learning method in fifth grade students of SD Negeri Pokoh 2 Sleman. This type of research was Classroom Action Research (CAR) using the Arikunto research design model. This study was conducted at SD Negeri Pokoh 2 Sleman, with research subjects of class V students totaling 16 students. This research was conducted in two cycles with two meetings each cycle. The results of this study indicate an improvement in hard work behavior of students after implementing the Talking Stick method to learning Improvement can be seen from the results of questionnaires and observations of students.

Keywords: hard work behavior, Talking Stick method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.