MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II SD

Ridik Pangestu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas II SD Negeri Bligo 2 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Bligo II Magelang Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) skala, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa kelas II SD Negeri Bligo II dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar berseri melalui langkah pengamatan terhadap media gambar berseri, menyimak dan membaca paragraf, bertanya jawab dan mengarahkan perhatian terhadap pembelajaran. Pada pra tindakan, persentase jumlah siswa yang memiliki minat membaca minimal sudah mencapai predikat baik sebesar 0%. Pada siklus I peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki minat membaca minimal sudah mencapai predikat baik sebesar 47,62%. Pada siklus II peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki minat membaca minimal sudah mencapai predikat baik sebesar 80,95%.

Kata kunci: minat membaca, media gambar berseri.

 

Abstract

This research aimed to increasing reading interest using serial pictures media to second grade students of SD N Bligo II Magelang. This research is collaborative classroom action research. Subject of this research is 2nd grade of SD N Bligo II Magelang in the academic year 2018/2019 which have 21 students. The research design used Kemmis and Taggart model. The technique of collecting data in this research used 1) scale, 2) observation, and 3) documentation. The technique of analyzing data used descriptive quantitative and qualitative. The research result shown that reading interest of 2nd grade students of SD N Bligo I Magelang is increase using serial pictures media trough some steps, that are students observe the serial pictures media, student observe the reading pharagraph, students listen to the example how to read, answer and question about the serial pictures media which have observe and give students attention to the learning. In the pre action, percentage of students who have good predicate of minimal reading interest is 0%. In the cycle I, the increasing of students who have good predicate of minimal reading interest is 47,62%. In cycle II, the increasing of students who have good predicate of minimal reading interest is 80,95%.

Keywords:  reading interest, serial pictures media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.