PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PAIRED STORYTELLING SISWA KELAS VA SDN DEMAKIJO 1

Tiara Ajeng Permana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan keterampilan berbicara menggunakan model paired storytelling siswa kelas VA SD Negeri Demakijo 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara. Pada siklus I, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Pada siklus II, siswa sudah berani berbicara, melakukan tanya jawab, dan lebih percaya diri melaksanakan praktik menceritakan kembali isi cerita. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 16,51dan pada siklus II meningkat sebesar 5,55.

Kata kunci: keterampilan berbicara, model paired storytelling, Sekolah Dasar

Abstract

This research was aimed to improve the learning process of speaking skills and speaking skills on VA students of SDN Demakijo 1 by applying paired storytelling model. The kind of this research is belonging to collaborative classroom action research which was used Kemmis and Mc Taggart model. The data collecting method was carried on test, observation, and documentation. The data analysis that had been used descriptive statistics. Result of this research indicate the improvements of speaking skills process. In 1st cycle improvements was happened in students activity and creativity. In 2nd cycle, students have more courage to speak, giving question dan answer, and confidently implementing the practice retelling the story. Improvements of speaking skills in 1st cycle that’s 16,51 points and in 2nd cycle average score improve to 5,55 points.

Keyword: speaking skills, paired storytelling model, Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.