PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA

Wiwi Novaidah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IVA SD Negeri Margoyasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengacu model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Margoyasan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari nilai rerata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Hal itu dapat ditingkatkan dengan tiga sintaks yaitu: persiapan, praktik, dan publikasi. Peningkatan tersebut ditandai siswa lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi, dan banyaknya siswa yang senang mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan media gambar. Selain itu siswa juga terlihat lebih antusias, ditandai pada saat mengerjakan tes menulis puisi siswa cenderung lebih serius. Peningkatan keterampilan menulis puisi tersebut tampak pada nilai rata-rata siswa meningkat dari kondisi awal dengan kategori cukup (65) menjadi kategori cukup (70,03) pada siklus I dan menjadi kategori baik (78,02) pada siklus II. 

Kata kunci: keterampilan menulis puisi, media gambar, SD

 

Abstract

This reseach aims to: (1) improve the poetry writing learning process using an image, and (2) improve the poetry writing skill using an image media on fourth grade A class students in Margoyasan elementary school, Yogyakarta. This research was a classroom action research which refered to spiral model from Kemmis and Mc. Taggart. The subjects of this reseach were 23 students of fourth grade A students Margoyasan elementary school, Yogyakarta. The data was collected by observation, test and documentation. Technique of the data analysis were qualitative descriptive data analysis by finding the grade average value. The results of this reseach shows that the learning process of writing poetry has increased. It can be improve with three syntaxes: preparation, practice, and publication. It is marking by students more actively participate in the discussion, and the number of students who enjoy to follow the learning of writing poetry with the media images. In addition, students also look more enthusiastic, marked when doing test writing poetry students tend to be more serious. The improvement of the poetry writing skill has shown in the mean score of the students increase from the initial condition with sufficient category (65) to the sufficient category (70,03) in cycle I and became good category (78,02) in cycle II.

Keywords: poetry writing skill, image media, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.