PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 3 KUTALIMAN KABUPATEN BANYUMAS

Rahmi Nur FitriyanI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Mind Map terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 3 Kutaliman Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan media Mind Map berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 3 Kutaliman. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata tes unjuk kerja kelas eksperimen sebesar 20,36 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol yang mengalami penurunan 1,5. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,610 lebih besar dari ttabel sebesar 2,024 (6,610>2,024) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan.

Kata kunci : media mind map, karangan deskripsi

 

Abstract

This research aimed to find out the effect of mind map media usage on descriptive essay writting skills of the fourth grade students SDN 3 Kutaliman Banyumas Regency.The type of this research was experimental research. This reseach used quasi experimental design with nonequivalent control group design. Data collection technique  used observation and test. The data analysis technique used descriptive statistics and hypothesis test. The result of research shows that there was a positive and significant effect of mind map media usage on descriptive essay writting skills. Research shows that the mean of experiment group was increase 20,36 higher than the mean of control group that decrease  1,5. Based on the result of t-test obtained tvalue 6,610 was bigger than ttable 2,024 (6,610>2,024) and significance value equal to 0,000 less than significant value 0,05 (0,00<0,05).Result of t-test reveals that there was signifficant effect.

Keyword : mind map media, descriptive essay


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.