PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Nurdiyah Handayani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD N Prawirotaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat persentase siswa yang mencapai kriteria pada pra tindakan adalah 19,23%, siklus I meningkat menjadi 50%, serta pada siklus II meningkat 80,76%.

Kata kunci: NHT, Tanggung Jawab

 

Abstract

The research aims at increasing responsibility using cooperative learning model NHT type in science subject of students class IV SD N Prawirotaman. This type was a classroom action research. The research was conducted in two cycles The subjects of this research were 26 students. Data collection techniques used questionnaire, observation, and interview. Data analysis techniques used qualitative and quantitative. The result show that students responsibility are increase. This is evident from result of the percentage of students who reach the criteria began from pre-action was 19,23%, then 50% in the first cycle, and became 80,26% in the second cycle.

Keywords: NHT, Responsibility

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.