PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MENGGUNAKAN STRATEGI KONTEKSTUAL KELAS II SD

Ani Fauziah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Domban 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Tagart. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas II SD Muhammadiyah Domban 2 yang berjumlah 22 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pratindakan menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas 65,03 dengan ketuntasan (22,72%). Pada siklus I nilai rata-  rata kelas mencapai 72,07 dengan ketuntasan (50%) dan siklus II nilai rata-rata mencapai 81,56 dengan ketuntasan (81,81%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan proses dan hasil keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Muhammadiyah Domban 2.

Kata kunci: keterampilan menulis, tegak bersambung, strategi pembelajaran kontekstual

 

Abstract

This study aims at improving process and result of writing cursive handwriting skill learning through contextual learning strategy on 2nd grade students in Muhammadiyah  Domban  2 Elmentary School. This study was a collaborative classroom action research with Kemmis and Mc Tagart’s model. The subject were 2nd grade students in Muhammadiyah Domban 2 Elmentary School, totally 22 students. Data analysis techniques that used in this study were descriptive quantitative and descriptive qualitative. The score result in pre-action was 65,03 with percentage of completeness was 22,72%. In first cycle, the score was 72,07 with prcentage of completeness was 50%. In second cycle, the score was 81,56 with percentage of completeness was 81,81%. Based on this result of  this study, it can be concluded that the contextual learning strategy can improve process and result of writing cursive handwriting skill on 2nd grade students in Muhammadiyah Domban 2 Elmentary School.

Keywords: writing skill, cursive handwriting, contextual learning strategy.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.