MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS V SD

Endri Ani Agustina

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas V SD Negeri Menguri, Kulon Progo Tahun Ajaran 2017/2018 melalui metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Menguri, Kulon Progo yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa putra dan 8 siswa putri. Objek penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan penyajian tabel dan persentase. Adapun kriteria keberhasilan adalah lebih dari 75% jumlah siswa memiliki kecerdasan interpersonal dengan kategori tinggi yaitu 61%-80% untuk semua aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri Menguri. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan meningkatnya pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dari 80,3% (baik) hingga mencapai 89,2% (sangat baik). Sedangkan, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dari 81,3% menjadi 85,8%. Peningkatan kecerdasan interpersonal siswa pada pra tindakan 50%,  siklus I 66,66% dan siklus II 77,7% pada kategori tinggi.

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, metode diskusi kelompok

 

Abstract

5th grade students of SD Negeri Menguri in Kulon Progo have poor interpersonal intelligence. Therefore, this study aims at developing and increasing the students’ interpersonal skill through group discussion method. This study is a Classroom Action Research, and the subject of the study are 18 5th grade students of SD Negeri Menguri in Kulon Progo. In addition, this study applied Kemmis and Taggart model which was done in two cycles, and the data were gathered through questionnaires and observations. Furthermore, the success criteria of this study is achieved when the interpersonal intelligence of the students reach ≥75% which is considered very high. After implementing group discussion method, the results of the study indicate that there is a development in the students’ interpersonal intelligence. In the process, several steps were taken; 1) preparing the discussion, 2) forming the group, 3) arranging the seats, 4) making the group discussion rules, 5) group discussion, 6) students delivering arguments and 7) students making conclusion. The development can be seen from the observation in cycle I and cycle II where teachers from 80.3% (good) to 89.2% (very good). Meanwhile, students’ active participation in the learning process increase from 81.3% to 85.8%. In addition, the pre-test questionnaire reveal that 11.11% students have very high interpersonal intelligence, 50% students have high interpersonal intelligence, 33.3% students have average interpersonal intelligence, and 5.5% have poor interpersonal intelligence.

Keyword: Interpersonal Intelligence , Group Discussion Method.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.