PENGARUH MANAJEMEN DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR

Lisna Nofia Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen diri dan kontrol diri baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 397 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 197 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi.  Instrumen ini diuji cobakan kepada 162 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan koefisien korelasi aitem total, dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbch. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen diri dan kontrol diri secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar.

Kata kunci: manajemen diri, kontrol diri, kemandirian belajar.

 

Abstract

This research aims at knowing the effect of self management and self control partially and simultaneously to self directed learning. This research used a quantitative approach with ex post facto method. The population in this research was all fifth grade students in Samigaluh district, Kulon Progo regency with the total 397 students with the sample totaled 197 students were taken using slovin formula. Data were collected by using psicology scale. This instrument wastest to 162 students. The validity test of the instrument used expert judgement technique, while to determine the strengh of items used coefficient correlation item total, and reliability using Alpha Cronbach formula. The prerequisite analysis test were normality test, the linearity test, and multicolinearity test. Data analysis used partial effect and multiple regression analysis technique. The result showsthat the self management and self control partially or simultaneously has a significant effect on self directed learning.

Keywords: self management,self control, self directed learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.