DAMPAK IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DAN III DI SD NEGERI GARI II WONOSARI

Rosyid Hidayat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan dampak implementasi pembelajaran kelas rangkap (PKR) terhadap prestasi belajar siswa kelas II dan kelas III di SD Negeri Gari II. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas Rangkap, dan tiga orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dampak pembelajaran Kelas Rangkap terhadap proses pembelajaran di SD Negeri Gari II Wonosari yaitu: 1) perencanaan pembelajaran telah terlaksana dengan cukup baik meskipun ada beberapa administasi guru yang belum lengkap; 2) persiapan pembelajaran telah terlaksana dengan baik karena fasilitas, sarana dan prasarana sekolah yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik;  3) pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan teori pembelajaran kelas rangkap; dan 4) evaluasi dilaksanakan mengunakan soal atau instrumen yang berbeda sesuai dengan tingkatan kelas dan tujuan pembelajaran masing-masing kelas.Dampak PKR terhadap prestasi belajar anak adalah baik karena adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari masing-masing kelas. Pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan prestasi belajar dan lebih mudah diterapkan untuk kelas dengan jumlah siswa yang sedikit.   

Kata kunci: Pembelajaran Kelas Rangkap

 

Abstract

This study aimed to describe the impact of the implementation of multigrade learning toward students’ achievement of class II and class III in SD Negeri Gari II. This type of research was descriptive qualitative research. The subjects in this study were Principal, Teachers’ of multigrade learning, and three students. Data collection was done by observation, interview, and documentation. Data were analyzed by data reduction, data display, and conclusion. Technique examination of data validity used triangulation of source and triangulation technique. The impacts of multigrade learning on the learning process in SD Negeri Gari II Wonosari were: 1) learning planning has been done quite well even though there are some teachers’ administration that is not yet complete; 2) the preparation of learning has been done well because of the facilities, tools and infrastructure of schools in accordance with the needs of learners; 3) the implementation of learning has been in accordance with multigrade learning theory; and 4) the evaluation was carried out using different problems or instruments according to the grade level and the learning objectives of each class. The impact of multigrade learning on the learning achievement of the children was good because of the increase in the average score of the students from each class. Multigrade learning could improved learning achievement and was easier to apply to classes with fewer students.

Keywords: Multigrade learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.