PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH SISWA KELAS 5 SD TAHUN AJARAN 2016/2017

Dhamas Arga Handoko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  terdapat pemanfaatan perpustakaan oleh siswa kelas 5 SD 2 Semangkak, SD 3 Klaten, dan SD 4 Klaten. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian ini adaalah siswa kelas 5 SD 2 Semangkak, SD 3 Klaten, dan SD 4 Klaten dengan jumlah 114 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana person product moment . hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan siswa kelas V SD Negeri 2 Semangkak, SD Negeri 3 Klaten, dan SD negeri 4 Klaten tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 9 siswa atau 7,9% masuk dalam kategori sangat tinggi, 45 siswa atau 39,5% dalam kategori tinggi, 31 atau 27,2% kategori sedang, 26 siswa atau 22,8% kategori rendah, dan 3 siswa atau 2,6% dalam kategori sangat rendah.

Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan.

 

Abstract

This study aims to find out whether there is a use of libraries by 5th graders 5 SD 2 Semangkak, SD 3 Klaten, and SD 4 Klaten.This research uses a quantitative approach. The type of research is correlational. The population of this study is that there are 5th grades. Data collection techniques in the study using questionnaires, and documentation. Data analysis technique used is a simple correlation person product moment. the results of this study indicate that library utilization by 5th graders SD 2 Semangkak, SD 3 Klaten, SD 4 Klaten in the school of the year 2016/2017 9 students or 7.9% in the very high category, 45 students or 39.5% in the high category, 31 or 27.2% in the medium category, 26 students or 22.8% in the low category, and 3 students or 2, 6% in the very low category.

Keywords: library utilization


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.