PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI TRUCUK

Ririn Hidayati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter disiplin pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Trucuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, koordinator ekstrakurikuler, guru ekstrakurikuler, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pramuka adalah peraturan, jadwal kegiatan, dan program peserta didik. Pendidikan karakter disiplin dilakukan dengan guru memberikan contoh, guru memberikan batasan waktu, dan guru menegur siswa yang melanggar peraturan. Evaluasi dalam kegiatan pramuka adalah pemberian motivasi dan nasehat. Perencanaan dalam kegiatan karawitan adalah peraturan,jadwal kegiatan, dan program peserta didik. Pendidikan karakter disiplin dilakukan dengan guru memberikan contoh, arahan, dan pengkondisian. Evaluasi dalam kegiatan karawitan adalah pengulangan materi dan mengikuti lomba. Perencanaan dalam kegiatan drumband adalah peraturan, program peserta didik, dan jadwal kegiatan. Pendidikan karakter disiplin dilakukan dengan guru memberikan contoh, guru membuat peraturan, dan guru memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan. Evaluasi dalam kegiatan drumband adalah pemberian nasehat dan mengikuti lomba.

Kata kunci: pendidikan karakter disiplin, ekstrakurikukuler

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation of discipline character education in extracurricular activities at Trucuk State Elementary School. This study used descriptive qualitative method and the subjects are headmaster, extracurricular coordinators, extracurricular teachers and students. The technic of data collection were observation, interview, and documentation. The data validity test used source triangulation and technic triangulation. The research findings show that the planning in scout are rules, schedules, and student programs. Teachers give discipline character education to the students by giving examples, giving time limitation, and reprimanding the students who break the rules. The evaluation in the scout activity is done by giving motivation and advice. The planning in karawitan activity is repeating materials and joining a contest.  The planning in marching band activity is rules, student programs, and activity schedules. The discipline character education is done by the teachers in the form of giving an example, arranging the rules, and giving sanctions to the students who break the rules. The evaluation in the marching band activity is performed by giving advice and joining a contest.

Keywords: discipline character education, extracurricular activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.