UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MENGGUNAKAN METODE GUIDED WRITING DI KELAS 2A SD N SAMPANGAN

Rimawan Haritzah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 2A SD N Sampangan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2A SD N Sampangan yang berjumlah 31 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes unjuk kerja. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata pengamatan proses pembelajaran mengalami kenaikan dari 67,5 pada siklus I menjadi 88,75 pada siklus III. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya skor rerata keterampilan menulis tegak bersambung dari 52,55 pada siklus I menjadi 81,73 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa metode guided writing dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 2A SD N Sampangan. 

Kata kunci: keterampilan menulis, tegak bersambung, metode guided writing.

 

Abstract

This study aims to improve the process and results of learning writing cursive handwriting skill’s students of class 2A SD N Sampangan academic year 2017/2018. This research type was Classroom Action Research (CAR) model of Kemmis & Mc Taggart. Subject of this research was students of class 2A of SD N Sampangan which consisted of 31 students. While the object of this study was the process and result of learning writing cursive handwriting skills. This research was conducted in three cycles. Techniques and instruments of data collection used was observation and test performance. This research used descriptive analysis qualitative and quantitative. The results of the research show an average score of observations of the learning process increased from to 67.5 in cycle I become 88,75 in cycle III. These things have an impact on increasing the average score writing cursive handwriting skills from 52,55 on cycle I to 81,73 in cycle III. Based on these results it was known that the method of guided writing can improve the writing cursive handwriting skills of the students-class 2A SD N Sampangan. 

Keywords: writing skill, cursive handwriting, guided writing method.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.