PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SOKASARI

Tri Endarwati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Sokasari Patuk Gunungkidul, Tahun Ajaran 2017/2018. Keterampilan menulis puisi siswa ditingkatkan melalui penerapan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek  penelitian ini sebanyak 27 orang, yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Sokasari. Nilai rata-rata menulis puisi pada pra tindakan sebesar 62,46 menjadi 72,45 pada siklus I dan mencapai 80,89 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam menulis puisi meningkat dari kondisi awal 11,12% menjadi 44,44% pada siklus I dan menjadi 85,18% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, siswa kelas IV SD, pendekatan kontekstual

 

Abstract

This research aims at improving poetry writing skill by applying contextual approach of 4th grade students in SDN Sokasari, Patuk, Gunungkidul in academic year 2017/2018. This research was Classroom Action Research (CAR) which adopted by Kemmis and McTaggart’s model. The subjects of this research were 4th grade of students in SDN Sokasari which are 27 students in total, consist of 14 females and 13 males. In collecting data technique used  test, field notes, and documentation. Then data were analyzed by quantitative and qualitative method. This result is proven by the improvement of the mean score from pre-action to cycle I and cycle II. The mean score of the pre-test, cycle I, and cycle II in a row are 62.46, 72.45, and 80.89. The percentages of students who have pass the writing skill is also improve, from initial condition 11,12% to 44,44% in cycle I and become 85,18% in cycle II.

Key Words: writing skills, poetry, 4th grade elementary school students, contextual approach.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.