HUBUNGAN POLA ASUH OTORITATIF DENGAN KONTROL DIRI SISWA KELAS V SD

Dinda Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoritatif dengan kontrol diri siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri yang berjumlah 195 siswa. Ukuran sampel sebanyak 131 siswa diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala pola asuh otoritatif dan skala kontrol diri. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dengan kontrol diri siswa kelas V SD. Besarnya hubungan dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,375 dengan signifikansi p=0,000<0,05, artinya semakin tinggi kecenderungan orang tua membimbing anaknya melalui pola asuh otoritatif maka akan semakin kuat kontrol diri siswa, begitu pula sebaliknya.

Kata kunci: pola asuh otoritatif, kontrol diri siswa


Abstract

This study aims at determining the relation between authoritative parenting and self-control among 5th grade students of cluster II Public Elementary Schools of Piyungan Sub-district, Bantul Regency in 2017/2018 academic year. This study used quantitative approach with correlational research type. The research type was 195 5th grade students of cluster II Public Elementary Schools of Piyungan Sub-district. Sample size of 131 students was collected by cluster random sampling technique. The data collection method in this study was authoritative parenting scale and self-control scale. The instrument validity test was content validity with expert judgment. The data analysis technique was simple correlation test which had gone through analysis prerequisite tests by normality and linearity tests. The result of the research shows positive and significant relation between authoritative parenting and self-control among 5th grade students of Elementary Schools. The significance of the relation was shown by correlation coefficient value of 0.375 at p=0.000<0.05, meaning the stronger the parent’s tendency for authoritative parenting, the stronger the student self-control, and vice versa.

Keyword: authoritative parenting,  self-control


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.