PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IIIA DI SDN GEDONGTENGEN

Bahrul Arifin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil penulisan deskripsi siswa kelas III SDN Gedongtengen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitiannya adalah 29 siswa kelas III SDN Geddongtengen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode field trip dalam pembelajaran menulis deskriptif dapat meningkatkan kegiatan proses pembelajaran siswa dari 61,2% pada siklus I menjadi 82,5% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga meningkat dari sebelumnya, yaitu 20,68% siswa mencapai kriteria keberhasilan dengan nilai rata-rata 66,64 pada siklus I meningkat menjadi 79,31% siswa mencapai kriteria keberhasilan dengan nilai rata-rata 77,64. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis deskripsi dapat meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa kelas III SDN Gedongtengen. Hal ini dapat ditunjukkan oleh peningkatan proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Kata kunci: kemampuan menulis deskripsi, metode field trip


Abstract

This research aims to improve the quality of process and result of description writing of class III SDN Gedongtengen. This type of research was a classroom action research, with Kemmis and McTaggart model. The subjects of this study were 29 students of grade III SDN Gedongtengen academic year 2017/2018. The result of this research shows that the implementation of field trip method in the learning process of writing description can improve the activity of learning process from 61,2% in cycle I to 82,25% in cycle II. The learning achievement of students also improved in which 20,68% students achieved Exhaustiveness Criteria with mean value of 66,64 in cycle I that increased to 79,31% students achieved Exhaustiveness Criteria with mean value of 77,64. The conclusion of research was that the application of field trip method in descriptive writing learning could improve the quality of process and learning achievement of the III SDN Gedongtengen. It could be indicated by the increased interest, activeness and learning achievement level among the students from cycle I to cycle II.

Keywords: ability to write description, field trip method

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.