PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIP SISWA KELAS IV

Dewi Riandini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui metode field trip pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung pada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung dengan jumlah siswa 10. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Robin Mc.Taggart. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Walitelon Selatan Temanggung. Peningkatan pada siklus I sebesar 6 dari kondisi awal sebesar 67,5 menjadi 73,5. Peningkatan pada siklus II sebesar 4,7 dari siklus I sebesar 72,84 menjadi 78,2. Nilai rerata meningkat sebesar 10,7 pada kondisi awal 67,5 meningkat menjadi 78,2. Sebesar 80% siswa mendapat nilai ≥75.

Kata kunci: keterampilan menulis, karangan deskripsi, metode field trip

 

Abstract

This study aims to improve the learning process and the skills of writing descriptive essay through field trip method for the 4th grade students of SD Negeri 1 Walitelon Selatan Temanggung in the academic year 2017/2018.  The type of research was classroom action research. The subjects of this research were the 4th grade students of SD Negeri 1 Walitelon Selatan Temanggung with the total of 10 students. The research design uses the Kemmis and Robin Mc.Taggart model. Data analysis technique were qualitative descriptive and quantitative descriptive. The results showed that through the field trip method can improve the skill of writing descriptive essay in 4th grade students of SD Negeri 1 Walitelon Selatan Temanggung. The increase in the first cycle of 6 from the initial conditions amounted to 67.5 to 73.5. The increase in cycle II of 4.7 from cycle I of 73,5 to 78.2. The mean value increased by 10.7 at an initial 67.5 to 78.2. 80% of students got ≥75.

Keywords: writing skill, description essay, field trip method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.