MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV

Nurul Afifah Cholifatin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN  Sambungmacan 3 yang berjumlah 19 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 50,94 dengan ketuntasan 26,31%. Pada siklus I nilai rata-rat kelas mencapai 70,526 dengan ketuntasan 57,89%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,73 dengan ketuntasan 84,21%, berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan  model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Sambungmacan 3, Kabupeten Sragen.

Kata kunci       : Hasil belajar, Course Review Horay


Abstract

The research aims to  know the using of learning model Course Review Horay in improving student learning result of 4th grade on  IPS. This research was classroom action research. This Classroom action research used Kemmis and Mc.Taggart model it consists of planning, action, observation and reflection. Subject research were 19 students of  4thgrade  SD Negeri Sambungmacan 3. Data collection metod used test, observation and documentation. Data analysis technique was qualitative. In pra-cycle class average value was 50,94 with mastery 26,31%. In cycle I class average value was 70,526 with mastery 57,89%. In cycle II class averaeg value was 80,73  with mastery 84,21% based in the result of the research stopped in cycle II. Based on the result of this research concluded that the implementation of Course Review Horay improved student learning achivement students 4th grade on  IPS in SD Negeri Sambungmacan 3.

Keywords: Learning result and Course Review Horay


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.