UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL

Eufrasia Findrianasari Indriamukti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan membaca puisi anak siswa SD Negeri Kotagede 5 melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD Negeri Kotagede 5, Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian adalah lembar penilaian kemampuan membaca puisi anak, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan rerata capaian aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I 75,7% meningkat menjadi 86,8% sedangkan rerata capaian aktivitas guru meningkat dari siklus I 70% menjadi 84% di siklus II. Berdasarkan tes unjuk kerja pada siklus I nilai meningkat dari 68,6 menjadi 70 dengan ketuntasan belajar 57,1%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80,4 dengan ketuntasan belajar 81,5%.

Kata kunci: kemampuan membaca puisi, pembelajaran kontekstual


Abstract

This research aim at improving poetry reading learning process quality and poetry reading skill on the students in SD Kotagede 5 Yogyakarta through contextual learning. This classroom action research used Kemmis and Mc. Taggart model. This research was conducted on first grade students SD Kotagede 5 which consisted 28 students. The data gathering technique used in this research were test and observation. The research instrument were performance evaluation sheet, observation and field note sheets. The research data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative method. Based on observation, teacher activity achievement increase from 70% to 84%, student activity achievement also increase from 75,7% to 86,8%. Based on the performance test of first cycle, the average score increase from 68,6 to 70 with the learning mastery 57,1%. In second cycle, the average score became 80.4 and the learning mastery increased to 81.5%.

Keywords: poetry reading skill, contextual learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.