LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI ANAK AUTISTIK DI SDN INKLUSIF NGLERI PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Oktaviani Budi Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan bimbingan belajar bagi anak autistik di kelas I SDN Inklusif Ngleri Playen Gunungkidul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi satu siswa autistik, guru yang mengampu di kelas I dan guru pembimbing khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi, diskusi teman sejawat, bahan referensi serta member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Agama dan Olahraga belum memiliki pemahaman yang mendalam terkait karakteristik anak autistik. Sekolah belum melakukan asesmen oleh para ahli dan menyusun program pembelajaran individual bagi anak autistik. Guru telah memberikan layanan bimbingan belajar bagi anak autistik meskipun tanpa perencanaan yang sistematis dalam bentuk; (1) memberikan jam tambahan pelajaran, (2) mengembangkan komunikasi, (3) mengembangkan sikap dan kebiasaan baik saat belajar,
(4) memberikan penguatan, (5) pendampingan saat menulis, membaca dan berhitung, (6) membantu anak menyiapkan diri mengikuti ujian, (7) mendampingi anak saat ujian kenaikan kelas, dan (8) memberikan layanan remidial. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab dan administrator sekolah belum berperan secara optimal. GPK berperan sebagai konsultan dan membantu guru mendampingi anak di kelas. Sekolah juga melibatkan orang tua dalam pemberian layananan bimbingan belajar.

Kata kunci: bimbingan belajar, anak autistik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.