PENERAPAN STAD PADA PEMBELAJARAN MUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR

Astri Dewi Kinarsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar muatan IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu 22 siswa kelas IV SD N Tunjungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model ini dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar muatan IPA. Peningkatan skor tanggung jawab dari pra tindakan hingga siklus II yaitu dari 50 menjadi 72,5 lalu 81,3. Rata-rata hasil belajar muatan IPA juga mengalami peningkatan dari pra tindakan hingga siklus II yaitu dari 64,59 menjadi 73,55 lalu 87,89. Ketuntasan siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan hingga siklus II yaitu 22,7% menjadi 50% lalu 95,5%. Skor sikap tanggung jawab dan rata-rata hasil belajar siswa lebih dari 75, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil, karena hasilnya melebihi kriteria.

Kata kunci: hasil belajar muatan IPA, sikap tanggung jawab, pembelajaran kooperatif tipe STAD


Abstract

The research aims at improving responsibility and learning outcome of science content through the implementation of cooperative learning model type STAD. The type of this research was classroom action research (CAR). The subjects of this research were 22 students grade IV of SD N Tunjungan. The data collection techniques were test, observation, interview, and documentation. The data analysis technique was descriptive statistics. The result shows that implementation of this model could improve responsibility and learning outcome of science content. The improvement of responsibility score from pre-action until the second cycle are 50; 72,5; and 81,3. The average of learning outcome from pre-action until the second cycle are 64,59; 73,55; and 87,89. The percentage of student who pass the grade from pre-action until the second cycle are 22,7%; 50%; and 95,5%. The result of this research is upper than 75, so it can be called succeed.

Keywords: learning outcome of science content, responsibility, cooperative learning type STAD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.