KEMANDIRAN BELAJAR ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI 1 NGULAKAN, PENGASIH, KULON PROGO

Esti Rahayu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemandirian belajar anak tunadaksa di SD Negeri 1 Ngulakan, Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa tunadaksa di kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar AN dalam aktivitas sekolah yaitu: 1) memiliki motivasi belajar mandiri, 2) memiliki kepercayaan diri dalam pembelajaran, 3) memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran, 4) memiliki hasrat untuk bersaing , 5) memanfaatkan sumber belajar, 6) evalusi belajar. AN juga mengalami beberapa hambatan dalam kemandirian belajar di sekolah yaitu 1) sikap orang tua yang masih overprotektif terhadap AN, 2) fasilitas sekolah yang belum disesuaikan dengan kebutuhan AN, 3) sikap kasihan yang ditunjukkan oleh beberapa teman AN.

Kata kunci: Kemandirian belajar, anak tunadaksa


Abstract

This study aims to describe self-regulated learning of child with physical disability at SD Negeri 1 Ngulakan, Pengasih, Kulon Progo. This research used qualitative approach with descriptive type. The subjects of this study was child with physical disability in 2nd grade. Data collection techniques used observation, interview and documentation study. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusions. Data validity test used triangulation technique and triangulation source. The result of this research showed that the self-regulated learning of AN in school activities were: 1) having self-motivated learning, 2) having self confidence in learning, 3) having responsibility in learning, 4) having passion to compete, 5) utilizing learning resources, and 6) learning evaluation. AN also has some barriers in school related in her independence that were: 1) the attitude of parents who are still overprotective to AN, 2) school facilities that have not adapted to the needs of AN, and 3) the compassionate attitude shown by some friends AN.

Keywords: self-regulated learning, child with physical disability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.