PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI KOTAGEDE 1

Haryanto Haryanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran menulis permulaan melalui metode resitasi dan, (2) meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode resitasi pada siswa kelas II B SD Negeri Kotagede 1, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis permulaan melalui metode resitasi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis permulaan dan kemampuan menulis permulaan siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari skor aktivitas guru dan siswa yang selalu meningkat pada setiap siklus. Proses meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode resitasi dilakukan dengan memberikan penugasan yang bervariasi kepada siswa. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan tes menulis. Peningkatan dapat dilihat dari rerata nilai kemampuan menulis permulaan siswa pada pratindakan sebesar 63,65 menjadi 66,03 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 75,08.

Kata kunci: kemampuan menulis permulaan, metode resitasi


Abstract

This study aims: (1) to imporve the quality of early writing learning process with recitation method and, (2) to improve the early writing skill with recitation method on 2nd B grade students in Kotagede 1 elementary school, Yogyakarta. This study is a classroom action research with Kemmis and Mc Taggart’s method. This study uses test, observation and documentation as the data collection techniques. The result of this study showed that using the recitation method can increase the quality of early writing learning process and the early writing skill. The increase of the quality of early writing learning process can be seen from the score of the observation sheet’s scales on teacher’s and student’s activity was always increased at every cycle. The process of improving the early wirting skill with recitation method was done by giving a variated assignment to the students then at the end of learning process the students was given an essay writing test. The increased can be seen from the average score of student’s early writing skill. The score was 63,65 in preaction and becoming 66,03 in first cycle, In the second cycle, the average score of student’s early writing skill becomes 75,08

Keywords: early writing skill, recitation method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.