IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADIWIYATA

Dwi Utami

Abstract


Abstak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Giwangan berbasis adiwiyata.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teori  Miles dan Huberman, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di  kelas V SD N Giwangan sudah memanfaatkan media lingkungan yang berbasis Program Adiwiyata. RPP telah dibuat oleh guru. Guru mengerjakan RPP dengan memeriksa silabus dan Buku Guru Kurikulum 2013. Setelah itu, guru mengerjakan RPP dengan sintak saintifik.Guru sudah melaksanakan proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan saintifik  berupa mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Guru telah menggunakan penilaian autentik dalam menilai aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa.

Kata kunci: pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, media lingkungan, Adiwiyata.

 

Abstract

This research aim at describing the planning, implementing, and assessing science teaching using scientific aprroach at class V SD N Giwangan based on Green School Programme. This research used descriptive qualitative approach. Data were collected by observation, interview, and documentation. Data analysis techniques in this research using Miles and Huberman theory, while the data validity techniques using triangulation techniques. The results show that the implementation of science teaching using scientific aprroach at class V SD N Giwangan already utilize environmental media based on Green School Programme.The Lesson plan done by teacher. Teacher do lesson plan with examine the syllabus dan Teacher’s Book based on Curriculum 2013. After that, teacher do the lesson plan with scientific syntax.Teachers are already implementing the learning process using scientific approach.. The scientific activities are observing, questioning, associating, experimenting, and communicating.Teachers have been using authentic assessment in assessing the affective, cognitive and psychomotor.

Keywords: learning science, scientific approach, environmental media, Green School Programme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.