PEMANFAATAN INTERNET SAFETY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAYA PADA ANAK SD “KAMPOENG CYBER RT 36” TAMANSARI

Anna Ariesta Prasmawati

Abstract


Abstrak                                  

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet safety sebagai sumber belajar  khususnya pada anak  SD  di Kampoeng Cyber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.  Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pemahaman serta sikap anak SD terhadap konsep internet sebagai sumber belajar sudah baik, anak sudah lancar dan sangat peka, terbuka terhadap teknologi. Anak mengetahui cara memanfaatkan internet sebagai sumber belajar awalnya dengan bimbingan orangtua, kemudian anak dapat mengerti bahwa internet juga bermanfaat salah satunya untuk mengerjakan tugas/PR. Ketersediaan sarana prasarana  internet safety sudah mendukung dalam pemanfaatannya ketika digunakan sebagai sumber belajar. Namun, anak masih cenderung sangat  intens menggunakan internet sebagai sumber hiburan  daripada sebagai sumber belajar. Namun, orangtua menilai bahwa internet tetap dapat memberi dampak positif untuk pengembangan potensi anak. Orangtua cukup puas dengan layanan internet safety dan  mendukung program lain sebagai penunjang proses pembelajaran diluar sekolah.

Kata kunci: pemanfaatan, cyber, internet safety, sumber belajar, SD

 

Abstract       

The purpose of this research is to described  the utilization of safety internet as a learning source especially to elementary school students in cyber village. The data was collected by observation, interview, and documentation. This research’s results show that the understanding and attitude of elementary school students to the internet concept is good. They also know how to use the internet as a learning source with their parents guidance at the first, but then they can understand that the internet also can help them to do the homework. The avaiability of cyber internet means have been sufficient and can support  in the utilization when it is used to learning source. But the elementary school students still incline that the using of internet is to entertaint source (game or social media) better than learning source. But, they parents believe that internet brings positive impact to improve their children skills. Parents are satisfied at the internet safety and they hope another programs to supported  learning process in outside school.

Keywords: internet safety, cyber, learning sources, elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.