PENGARUH MODEL MEMBACA TOTAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V B SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG

Nunung Febriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang menggunakan desain penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD N 1 Sumberagung berjumlah 20 siswa yang diberi perlakuan menggunakan Model Membaca Total. Variabel penelitian ada dua yaitu variabel Model Membaca Total (X) dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Data diambil, melalui tes (pretest dan postest). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan nilai rerata kemampuan membaca pemahaman antara prestest (hasil tes kelompok kontrol) dan postest (hasil tes kelompok eksperimen) yaitu 60,90 dan 73,30. Pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman dihitung dari selisih nilai postest dan nilai pretest. Terbukti bahwa ada pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar 20,36%. Adanya perbedaan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman menggunakan Model Membaca Total dengan pembelajaran konvensional yang bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Membaca Total memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung.

Kata kunci: model membaca total, kemampuan membaca pemahaman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.