MENINGKATKAN KETERAMPILAN HITUNG PENJUMLAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN BUJUR SANGKAR AJAIB KELAS II SD 1 PEDES

Muhamad Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hitung penjumlahan pada pelajaran
matematika siswa kelas II SD 1 Pedes Sedayu, Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD 1 Pedes. Jumlah siswa kelas II yaitu 29 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 17 perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan hitung penjumlahan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan bujur sangkar ajaib (BSA) dengan operasi penjumlahan dapat meningkatkan keterampilan hitung penjumlahan siswa kelas II SD 1Pedes. Pada pratindakan nilai rata- rata siswa sebesar 59,05. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63,63. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,34.

Kata kunci: keterampilan hitung penjumlahan, permainan bujur sangkar ajaib


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.