PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE READING GUIDE PADA SD NEGERI 0I TAMBAKREJO PEMALANG JAWA TENGAH

Miftahurroziq Miftahurroziq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Metode Reading Guide pada Siswa Kelas V SD Negeri 0I Tambakrejo Pemalang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa dan objeknya adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 53 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 36% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 67 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 61 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 81 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 84%. Selain dari meningkatnya hasil belajar siswa, proses hasil belajar di dalam kelas juga ikut mengalami peningkatan.

Kata kunci : Hasil belajar IPS, model pembelajaran Reading Guide.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.