IMPLEMENTASI NILAI PEDULI LINGKUNGAN MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR

Lutfi Ngalawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implementasi nilai peduli lingkungan menuju sekolah adiwiyata di SDN Tukangan Yogyakarta beserta kendala-kendalanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah (informan kunci), 3 guru, dan 10 siswa SDN Tukangan Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa nilai peduli lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2014. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 bentuk implementasi nilai peduli lingkungan menuju sekolah adiwiyata di SDN Tukangan Yogyakarta yaitu penetapan visi sekolah, penetapan program pendukung, penyediaan sarana pendukung, kebiasaan, pembiasaan berbasis partisipasi, keteladanan, hukuman, dan penghargaan. Pelaksanaan bentuk-bentuk implementasi nilai peduli lingkungan tersebut tercermin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah sebagai budaya. Kendala-kendala dalam implementasi nilai peduli lingkungan menuju sekolah adiwiyata di SDN Tukangan Yogyakarta terlihat pada kebiasaan siswa, pembiasaan berbasis partisipasi, dan keteladanan. Kendala yang berkaitan dengan kebiasaan siswa dan pembiasaan berbasis partisipasi adalah siswa masih harus diingatkan guru dalam pelaksanaannya. Adapun kendala yang berkaitan dengan keteladanan adalah guru belum memberikan keteladanan secara menyeluruh kepada siswa, baik waktu, tempat, maupun situasi.

Kata kunci: implementasi nilai peduli lingkungan, sekolah adiwiyata


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.