HAMBATAN DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PONJONG

Irfan Dwi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru kelas IV SD khususnya di gugus VI UPTD Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru kelas IV di gugus VI pada tahun ajaran 2014/2015. Setting penelitian mengambil tempat di gugus VI UPTD kecamatan Ponjong dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru kelas IV di gugus VI UPTD kecamatan Ponjong mendukung terhadap penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Ketersediaan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di gugus VI masih terbatas belum memenuhi perbandingan dengan jumlah peserta didik yang ada. Pada tahap pemanfaatan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), guru belum optimal dalam memanfaatkan media yang ada. Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru sekolah dasar belum merata untuk semua guru kelas IV di gugus VI UPTD kecamatan Ponjong. Hambatan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru kelas IV di gugus VI berupa: (1) faktor usia guru, (2) motivasi dan sikap guru, (3) ketersediaan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (4) kondisi geografis sekolah, dan (5) belum memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan.

Kata kunci: hambatan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.