PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONDAN THINK PAIR SHARE

Dedi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan tipe TPS (Think Pair Share) di SD Negeri Sawah Gunungkidul.Desain penelitian ini adalah quasi experimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B SD Negeri Sawah. Kelas V B sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe TPS) dan kelas V A sebagai kelas kontrol (model pembelajaran kooperatif tipe STAD).Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibanding menggunakantipe STAD ditolak. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar6,24 dan kelas kontrol sebesar7,42. Perbedaan hasil belajar kedua kelas adalah 1,18.

Kata Kunci :Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.