PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD GANDOK, TIMBULHARJO, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Annisa Nur Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 kelas IV SD Gandok, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif, dengan subjek guru kelas IV, guru PJOK dan siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model Miles dan Huberman. Peneliti menguji kredibilitas data melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.Penggunaan model, metode dan media dalam pembelajaran teramati sudah mengaktifkan siswa dalam kegiatan saintifik.Pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan.Rangkaian kegiatan saintifik tersebut tidak selalu selesai dilaksanakan dalam satu pertemuan, ada yang dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya serta tidak selalu urut.Teknik penilaian yang digunakan oleh guru yaitu, tes tertulis, dan kinerja. Hambatan yang muncul dalam pelaksanaannya adalah kemampuan menalar anak yang masih kurang dan guru belum memahami cara pelaksanaan penilaian autentik.

Kata kunci: pembelajaran dengan pendekatan saintifik, sekolah dasar, kurikulum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.