KEMAMPUAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JARAKAN SEWON BANTUL

Sufance Anaci Niab

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis dongeng pada siswa kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang berjumlah 47 siswa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah populasi sebanyak 47 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Hasil tes kemampuan menulis dongeng pada siswa SDN Jarakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagaian besar siswa dengan presentase 61,70% telah mampu menulis dongeng dengan baik. Dikatakan baik karena siswa telah mampu menulis dongeng dengan memenuhi kriteria penelitian yaitu isi gagasan yang dikemukakan, organisasi isi, struktur tata bahasa, gaya pilihan kata, dan ejaan tata bahasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya 29 siswa dari 47 siswa atau 61,70% telah mencapai KKM, sedangkan 18 atau 38,70% siswa lainnya belum mencapai KKM.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Dongeng Siswa Sekolah Dasar.

Abstract

This study aimed to analyze the ability to write traditional stories among Grade V students of SDN jarakan, Sewon District, Bantul Regency. The Study employed the quantitative descriptive approach. The research population comprised Grade V students of SDN Jarakan, Sewon District, Bantul Regency, with a total of 47 students. This was a quantitative study using a quantitative descriptive analysis. The research subjects were grade V students constituting a population of 47 students. The data were collected through a test of writing traditional stories for students of SDN Jarakan. The results of the study showed that most of the students were able to write traditional stories well. This was indicated by
the number of students attaining the Minimum Mastery Criterion (MMC), namely 29 students or 61.70% and not attaining the MMC, namely 18 students or 38.70%

Keywords: the ability to write traditional stories


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.