PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI JARAKAN, SEWON, BANTUL, YOGYKARTA

Silfina Nugrah Wati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis sumber belajar yang dimanfaatkan guru dalam pembelajaran IPA kelas 3 SDN Jarakan, Sewon, Bantul beserta cara pemanfaatan dan kendalanya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 3 SDN Jarakan, Sewon, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan mengadaptasi teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sumber belajar yang dimanfaatkan guru kelas 3 dalam pembelajaran IPA adalah buku IPA Erlangga, LKS dan lingkungan alam sekitar sekolah. Pemanfaatan sumber belajar IPA dilakukan dengan cara menggunakan buku IPA dan LKS untuk semua materi pembelajaran IPA. Adapun untuk lingkungan alam digunakan siswa dalam kegiatan pengamatan. Adapun kendalanya 1) guru masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan sumber belajar IPA 2) siswa kurang semangat terhadap sumber belajar buku yang digunakan guru 3) ketersediaan alat praktikum sangat terbatas.

Kata kunci: Sumber belajar, pembelajaran, IPA.

Abstract

This study aims to describe types of learning resources that the teacher uses in Science learning in Grade 3 of SDN Jarakan, Sewon, Bantul, ways to use them, and the constraints. This was a descriptive study employing the qualitative approach. The research subjects were the teacher and students of Grade 3 of SDN Jarakan, Sewon, Bantul. The data were collected through observations, interviews, and documentation. The data analysis technique was adapted from the one by Miles and Huberman. The results of the study show that learning resources that the Grade 3 teacher uses in Science learning include the Science textbook of Erlangga, student worksheets, and the natural environment around the school. Science learning resources uses by using the Science textbook and student worksheets for all science learning materials. The natural environment is students used in the activity of observing. constraints that: 1 ) teacher are still experiencing difficulties in utilizing learning science resources, 2 ) students
are not interested for learning resources that teacher use textbook, 3) the availability of practicum equipment is very limited.

Keywords: learning resources, learning, Science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.