PROBLEMATIKA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DIKELAS 1V SDN NEGERI PUJOKUSUMAN 1 KOTA YOGYAKARTA

Muzdalifah Muzdalifah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan Kurikulum 2013, 2) hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013, 3) hambatan yang dihadapi siswa dalam menerima pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di kelas IV SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pujokusuman 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Setelah itu, dilanjutkan dengan
mengadakan reduksi data, menyajikan data, ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesulitan yang di alami oleh guru adalah: 1) mengembangkan materi tematik integratif, 2) waktu kurang efektif dalam menerapkan saintifik, 3) penilaian authentik yang terlalu banyak mendeskripsikan hasil, dan 4) guru masih kesulitan menggunakan internet dalam mengembangkan pembelajaran. Sedangkan problem yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran kurikulum 2013 adalah: 1) pembelajaran tematik integratif yang lebih banyak menggunakan metode ceramah, 2) kesulitan dalam melaksanakan tahapan-tahapan saintifik, dan
3) siswa kesulitan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru

Kata kunci: problematika, kurikulum 2013, SD

Abstract

This study aims to investigate: 1) the implementation of Curriculum 2013, 2) constraints that teachers face in the learning implementation based on Curriculum 2013, and 3) constraints that students face in learning based on
Curriculum 2013 in Grade IV of SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. The study employed the qualitative approach. The research subjects comprised teachers and students of Grade IV of SD Negeri Pujokusuman 1. The data were collected through: 1) interviews, 2) observations, and 3) documentation. Then, continued by do the reduction data, presenting data into tables and verification to take the conclusion. Data validity checking technique used triangulation technique and source. Research result showed the some difficulties experienced by teachers : 1) develop the integrative thematic material, 2) ineffective time in implementing the scientific, 3) authentic assessment that describe the result too much, and 4) the teachers still having trouble in using the internet to develop the learning. While the student’s problem in learning based curriculum 2013: 1) thematic integrative learning use too many lecture method, 2) difficulties in implementing the scientific steps, and 3) the students feel difficult in completing tasks provided by the teacher.

Keywords: problems, curriculum 2013, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.