IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NIRMALA BANTUL

Justus Benyamin Batmalo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas V SD Negeri Nirmala Bantul Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) guru dan kepala sekolah mengetahui tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik integratif, 2) guru
melaksanakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik yang mencakup 5 M pada tema 9 tentang ekosistem yaitu: mengamati menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran sudah terlaksana, 3) adanya hambatan yang ditemui dalam
implementasi pendekatan saintifik yaitu, keberanian siswa dalam bertanya kurang, pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang berani untuk mengajukan pertanyaan.

Kata kunci: implementasi,pendekatan saintifik, pembelajaran tematik integratif

Abstract

This study aimed to describe the implementation of scientific approach in the integrated thematic learning at Elementary School fifth grade SD Negeri Nirmala Bantul. This study was descriptive research. The subjects were the fifth grade teacher, the fifth grade students, and the principals. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion. Data validity checking techniques used triangulation sources. The results showed that: 1) the teachers and principals knew about the implementation of the scientific approach in the integrated thematic learning, 2) the teachers implemented the scientific
approach in the thematic learning including 5 M of the theme of 9 on ecosystems, namely: observing, questioning experementif, communicatif, assosiatif had been implemented,3) the presence of obstacles encountered in the implementation of the scientific approach are, namely, the lack of students’ courage to ask, during the learning process the students were lack of asking questions.

Keywords: implementation, scientific approach, integrated thematic learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.