PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IPA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS V DI SD NEGERI CERME PANJATAN KULON PROGO

Niko Tamtama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan konsep IPA yang baik dapat mempermudah siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA melalui metode role playing pada siswa kelas V di SD Negeri Cerme Panjatan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Cerme. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur penguasaan konsep IPA, lembar observasi guru untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi siswa untuk membahas kegiatan role playing. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas V SD Negeri Cerme. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai penguasaan konsep IPA pada pra siklus yaitu 70,5. Setelah menerapkan metode role playing pada siklus I,
rata-rata nilai penguasaan konsep IPA meningkat menjadi 74,2. Pada siklus II dilakukan upaya perbaikan yaitu dengan sintaks role playing yang sama, naskah role playing disederhanakan dan naskah diberikan kepada siswa sehari sebelum pembelajaran IPA dilaksanakan. Rata-rata nilai penguasaan konsep IPA pada siklus II meningkat menjadi 78,1. Kriteria keberhasilan sudah terpenuhi dan penelitian dihentikan.

Kata kunci: Penguasaan Konsep IPA, Role Playing

Abstract

The background of this research is the adequate mastering of science concept could help student achieves the minimum standard grade point. This research aims to enhance the mastering of science concept through role playing method towards the 5th grade students of SD Negeri Cerme Panjatan Kulon Progo. The type of this reserch is classroom action research. The subject of this research includes all the 5th grade students of SD Negeri Cerme. The research design employed is Kemmis and Mc Taggart mode. The instruments of data collection are paper test used for measure the level of mastering science concept, teacher observation sheet used for measure the implementation of learning, and student observation sheet used for discuss the role playing activity. Qualitative and quantitative are used for data analysis. The result shows that role playing method could help the 5th grade students of SD Negeri Cerme Panjatan Kulon Progo in mastering the science concept. It proves by the prior grade point of mastering science concept is 70,5. The average grade point is increase up to 74,2 since the implementation of role playing method in the first section. In the second section there is a remedy with the same material of role
playing. The simplified role playing text is given to the students a day before and the average grade point is increasing up to 78,1. In brief, the standard criterion of accomplishment is achieved and the research can be finished.

Keywords: Mastery of Science Concepts, Role Playing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.