PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SERANG KULON PROGO

Ditya Apriliarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas V SD Negeri Serang Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Data awal percaya diri batin siswa pada pembelajaran IPS
memiliki rata-rata skor perolehan 88,48 dengan 12 (57,14%) siswa memperoleh kategori percaya diri batin ≥ tinggi, sedangkan percaya diri lahir memiliki skor rata-rata 255,14 dengan 10 (47,62%) siswa memperoleh kategori percaya diri lahir ≥ tinggi. Pembelajaran yang telah dilakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siklus I telah meningkatkan percaya diri batin siswa menjadi rata-rata skor perolehan 97,38 dengan 19 atau 90,48% siswa berkategori percaya diri batin ≥ tinggi dan percaya diri lahir meningkat menjadi rata rata skor 264,19 dengan 15 (71,43%) siswa berkategori percaya diri lahir ≥ tinggi. Berbagai penyempurnaan pembelajaran yang dilakukan di siklus II berdasarkan hasil refleksi di siklus I telah dapat meningkatkan kembali
percaya diri siswa. Rata-rata skor perolehan Percaya diri batin siswa di siklus II menjadi 99,67 dengan 21 atau 100% siswa memperoleh kategori percaya diri batin ≥ tinggi, sedangkan rata-rata skor percaya diri lahir siswa menjadi 273,19 dengan 18 (85,71%) siswa memperoleh kategori percaya diri lahir ≥ tinggi di siklus II.

Kata kunci: Percaya Diri, Think Pair Share

Abstract

This research aimed to increase self confidence in social studies through cooperative learning model types think pair share in the 5th grade students of SD Negeri Serang Kulon Progo academic year 2014/2015. This research is a classroom action research. The analysis technique is used the analysis of qualitative and quantitative data. The results showed that the students' confidence in social studies has increased. Preliminary data on the student’s inner confidence social studies had an average score of the acquisition of 88.48 with 12 (57.14%) students acquire the category of high ≥ inner self confidence, while outer confidence has an average score of 255.14 on pre-action with 10 (47.62%) students gain outer confidence ≥ category higher. Learning has been done using cooperative learning model Think Pair share in the first cycle of inner self-confidence has increased to an average student scores acquisition of 97.38 with 19 or 90.48% of students categorized high ≥ inner self confidence
and outer confidence increased to the average score of 264.19 with 15 (71.43%) of students categorized outer confidence high ≥. Various improvements learning has done in the second cycle based on the reflection in the first cycle, it has been able to increase the students' confidence back. The average score acquisition inner students’ confidence in the second cycle to 99.67 with 21 or 100% of students earn category ≥ inner students confidence is
high, while the average scores of outer confidence students become 273.19 with 18 (85.71% ) students gain outer confidence category ≥ high in the second cycle.

Keywords: Confidence, Think Pair Share


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.