PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPEK KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dian Ardianti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa kelas IV SD Negeri Kepek Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitian adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, serta kepala sekolah. Objek penelitian berupa penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan, guru menggunakan teknik external control yaitu dengan memberikan ancaman atau hukuman kepada siswa yang tidak disiplin dan memberikan reward atau pujian kepada siswa yang berdisiplin. Guru menanamkan disiplin melalui teknik inner control yaitu guru menjadi teladan bagi siswanya, kegiatan peneladan yang dilakukan oleh guru berupa guru tidak pernah terlambat datang kesekolah, cara berpakaian guru yang rapi dan sopan, tutur kata dan bahasa yang digunakan baik dan sopan serta mengajarkan sopan satun, beretika dan mengajarkan untuk saling menghormati, baik kepada guru maupun kepada siswa. Guru menggunakan teknik cooperatif control yaitu mengedepankan kerjasama diantara guru dengan siswa. Kerjasama sama tersebut dibuat dan dijalankan bersama antara guru dengan siswa. Hambatan yang dialami dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa kelas IV adalah guru kurang tegas dalam mendisiplinkan siswanya, kurangnya variasi guru dalam menyampaikan materi membuat siswa menjadi cepat bosan. Selain itu kurangnya perhatian, motivasi dan dukungan dari orang tua membuat anak menjadi tidak disiplin.

Kata kunci: Nilai-nilai Kedisiplinan, Siswa Kelas IV.

Abstract

The research is aimed to explain the inculcation of disciplinary values to fourth grade students in SD Negeri Kepek Loving Sub Regency of Kulon Progo Yogyakarta academic year 2014/2015. The research is a qualitative descriptive research. The subjects of the research are fourth grade teacher and students and the headmaster. The object of research is an inculcation of disciplinary values for students. The data are collected by observation, interview, and documentary study. The research instruments are observation, interview and documentary sheets. The data analyzed using data reduction, data display,
and conclusion. Test the validity of the data using triangulation sources and triangulation techniques. The result shows that the teacher uses external control technique by giving threat or punishment to students who are undisciplined and reward or praise to the disciplined ones in inculcating the disciplinary values for them. The teacher inculcates the disciplinary values through inner control technique by being a role model for the students, example of activities undertaken by the teacher in the form ofby coming to school
on time, dressing neatly and politely, using appropriate language that shows manner, and showing them how to behave and respect each other, both to teachers and to fellow students. Teacher uses cooperative control technique that gives priority to the partnership of teacher and students. The partnership is created and run by both the teacher and students. The obstacles in inculcating disciplinary values for the fourth grade students are the teacher’s indecision towards the students, the teacher’s lack of teaching method in
presenting the material that make students get bored easily. Moreover, the lack of attention, motivation and support from parents are one of the factors that make students become undisciplined.

Keyword: Disciplinary values, fourth grade students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.