PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA

Muhamad Iqbal

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap keterampilan proses IPA kelas IV Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Sumberagung, Jetis, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 43 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis dari dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor tes keterampilan proses IPA awal dan akhir pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses IPA kelas IV pada muatan IPA Kurikulum 2013. Kategori skor rata-rata keterampilan proses IPA kedua kelompok melalui tes pada pertemuan pertama berada pada kategori B (baik). Kategori skor rata-rata keterampilan proses IPA melalui tes pertemuan kedua menunjukkan bahwa kelompok kontrol tetap berada pada kategori B (baik), sedangkan skor rata-rata pada kelompok eksperimen menunjukkan kategori A (sangat baik).

Kata kunci: problem based learning, keterampilan proses IPA.


Abstract

This research aims to find out about how the problem based learning effects the fourth graders science process skills on curriculum 2013 science content in SDN 2 Sumberagung. This research was a quasi-experimental research in a form of nonequivalent control group design. The population was 43 fourth grades. The data were collected through test and observation. The data analysis was done by comparing the mean of the initial and final science process skills scores of the control and experimental group. The research result show the effect of problem based learning towards the fourth grader’s science process skills on science curriculum 2013. The average initial scores on test on both groups resulted in B (good) category. The average final scored acquired on test on control group are found stagnant in the B category. Whereas the average final scored on experiment group resulted in A category.

Keyword: problem based learning, science process skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.