PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI

Herwinda Putri Nurrahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan sederhana menggunakan pendekatan SAVI. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan SAVI pada materi pecahan sederhana mengalami peningkatan. Dari hasil pre test belum ada siswa yang mencapai ketuntasan belajar, siklus I ketuntasan belajar 84% dan siklus II ketuntasan belajar meningkat 96%. Nilai rata-rata pre test 57,12 meningkat pada post test siklus I menjadi 83,64 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,36. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang menggunakan pendekatan SAVI dan menggunakan alat peraga yang dapat membantu pola pikir siswa.

Kata kunci: hasil belajar pecahan dan pendekatan SAVI


Abstract

The research aims at improving students learning achievement on simple fraction materials using SAVI approach. The type of the research was classroom action research with Kemmis and Mc. Taggart model. The subjects of the research were the 3rd grade students at SD N Salakan Lor. The data analysis techniques were qualitative and quantitative. The result of the research shows an improvement of the students 3rd grade learning achievement on simple fraction materials using SAVI approach. Pre-test revealed that no student achieved the learning mastery criteria, while in the first cycle, the students’ learning mastery was 84% and in the second cycle the number increased to 96%. The average of the pre-test that was 57,12 increased to 83,64% in the post test of the first cycle, and it increased again in the second cycle with 92,36. The increase of the study results were caused by the use of SAVI approach in learning process and visual aid that helped students’ mindset.

Keywords: result of the fraction learning and SAVI approach


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.