ANALISIS KESALAHAN FONOLOGIS PADA KARANGAN BERBAHASA JAWA SISWA KELAS III SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA

Devi Indrasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan fonologis pada karangan berbahasa Jawa siswa kelas III SD Negeri Kotagede 5. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan fonologis pada karangan berbahasa Jawa siswa kelas III SD Negeri Kotagede 5 dibagi menjadi dua aspek, yaitu: (1) kesalahan dalam teknik penulisan dengan pola-pola kesalahan yaitu: (a) kesalahan penulisan a menjadi o sebesar 61,67%, (b) kesalahan penulisan a menjadi e sebesar 26,67%, (c) kesalahan penulisan i menjadi e sebesar 75,88%, (d) kesalahan penulisan e menjadi i sebesar 12,51%, (e) kesalahan penulisan u menjadi o sebesar 45,52%, (f) kesalahan penulisan o menjadi u sebesar 7,51%, (g) kesalahan penulisan dh menjadi d sebesar 67,51%, (h) kesalahan penulisan d menjadi dh sebesar 56,68%, (i) kesalahan penulisan th menjadi t sebesar 12,5%
dan (2) kesalahan dalam pilihan kata dengan pola-pola kesalahan yaitu: (a) kesalahan penggunaan leksikon ngoko sebesar 64,34%, (b) kesalahan penggunaan leksikon krama inggil sebesar 51%, (c) kesalahan leksikon karena pengaruh penggunaan dialek sebesar 22,51%, (c) kesalahan diksi sebesar
20,03%.

Kata kunci: karangan berbahasa Jawa, kesalahan fonologis, siswa kelas III SD

Abstract

This research aimed to describe the phonologic error analysis of Javanese essay in grade III student of Kotagede 5 Yogyakarta elementary school. The research was a descriptive research with qualitative approach. The result showed that the phonologic error of Javanese essay in 3rd student of Kotagede 5 elementary school is divided into two aspects: (1) the error of writing technique which has
patterns: (a) the error of writing a to be o is 26,67% (b) the error of writing a to be e is 26,67%, (c) the error of writing i to be e is 75,88%, (d) the error of writing e to be i is 12,51%, (e) the error of writing u to be o is 45,52%, (f) the error of writing o to be u is 7,51%, (g) the error of writing dh to be d is 67,51%, (h) the error of writing d to be dh is 56,68%, (i) the error of writing th to be t is 12,5% and (2) the error of diction which has patterns: (a) the error of ngoko lexicon is 64,34%, (b) the error of krama inggil lexicon is 51%, (c) the error lexicon because of dialect influence is 22,51%, (c) the error of diction is
20,03%.

Keywords : Javanese essay, the error of phonologic, grade III student of elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.