PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS V SD SE GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Wening Purbaningrum Sugiyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh otoriter terhadap perilaku prososial siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015, 2) pengaruh pola asuh autoritatif terhadap perilaku prososial siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015, 3) pengaruh pola asuh permisif terhadap perilaku prososial siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 158 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data pola asuh otoriter, pola asuh autoritatif, pola asuh permisif dan perilaku prososial sedangkan observasi untuk mengumpulkan data pendukung perilaku prososial. Uji validitas isi menggunakan penilaian ahli dan uji reliabilitas dengan konsistensi internal menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh negatif pola asuh otoriter terhadap perilaku prososial dengan konstribusi nilai R2 sebesar 0,091 atau 9,1%, persamaan regresi Y’ = 43,988 + (-0,72) X, 2) terdapat pengaruh positif pola asuh autoritatif terhadap perilaku prososial dengan kontribusi nilai R2 sebesar 0,099 atau 9,9%, persamaan regresi Y’ = 48,617 + 0,987 X, 3)
terdapat pengaruh negatif pola asuh permisif dengan perilaku prososial dengan kontribusi nilai R2 sebesar 0,065 atau 6,5%, persamaan regresi Y’ = 75,403 + (-0,529) X. Makna dari pengaruh negatif pada butir 1) dan 3) adalah semakin kuat orang tua membimbing anaknya melalui pola asuh otoriter atau permisif maka semakin rendah perilaku prososial siswa. Sedangkan makna pengaruh positif pada butir 2) adalah semakin kuat orang tua membimbing anaknya melalui pola asuh autoritatif maka semakin tinggi perilaku prososial siswa.

Kata kunci: pola asuh otoriter, pola asuh autoritatif, pola asuh permisif, perilaku prososial

Abstract

The purpose of this research is for knowing about 1) the influence of authoritarian parenting about student’s reasonable behaviour of grade V in the elementary school a cluster II Pengasih Subdistrict Kulon Progo Regency school year 2014/2015, 2) the influence of authoritative parenting about student’s reasonable bahaviour of grade V in the elementary school a cluster II Pengasih Subdistrict Kulon Progo Regency school year 2014/2015, 3) the influence of permissive parenting about student’s reasonable behaviour of grade V in the elementary school a cluster II Pengasih Subdistrict Kulon Progo Regency school year 2014/2015. This research uses kuantitative approach by the kind of this research is all of the student grade V in the elementary school a cluster II Pengasih Subdistrict Kulon Progo Regency which count one hundred fifty eight students. The technique of collecting the data uses scale to collect the data of authoritarian parenting, authoritative parenting, permissive parenting, and
reasenable behaviour while the observation to collect the data of reasonable behaviour proponent. The experiment of validity uses skill rating by internal consistency using Alpha Cronbach technique. The technique of data analysis
uses regression analysis. The result of this experiment show 1) be found the negative influence of authoritarian parenting by reasonable behaviour by the contribution of R2 value in the amount of 0,045 or 4,5%, the similarity of
Y’ regression = 49,026 + (-0,63) X, 2) be found the positive influence of authoritative parenting by reasonable behaviour by the contribution of R2 value in the amount of 0,140 or 14%, the similarity of Y’ regression = 38,295 +
1,081 X, 3) be found the negative influence of permissive parenting by reasonable behaviour by the contribution R2 value in the amount of 0,038 or 3,8%, the similarity of Y’ regression = 50,114 + (-0,136) X. The meaning of
negative influence of number 1) and 3) is more ang more strong from parent to guide their children by means of authoritarian or perrmissive parenting so more and more low of student’s reasonable behaviour. While the Jurnal P 2 endidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 15 Tahun ke IV Agustus 2015 meaning of positive influence of number 2) is more and more strong from parent to guide their children by means of authoritative parenting so more and more high of student’s reasonable behaviour.

Keywords : authoritarian parenting, authoritative parenting, permissive parenting, reasonable behaviour


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.