PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS III SD N PENCAR 2, SLEMAN

Rosdiana Mawarni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media film siswa kelas III SD N Pencar 2, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan menulis karangan narasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata
karangan narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD N Pencar 2. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata kondisi awal sebesar 55,44 menjadi 75,18 dengan kategori “baik”.

Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, media film

Abstract

This research aimed to improve the narrative essay writing skill using movie media of third grade students of SD N Pencar 2, Sleman. This research is a collaboration classroom action research. Research design using Kemmis and Mc Taggart model. The subject of this research was 34 students of class III. The object of this research is a narrative essay writing skill. The data were collected using test, observation, and documentation. Data were analyzed descriptively by finding the average value of narrative essay of students. The result of this
research showed that the movie media can improve narrative essay writing skill of students of class III SD N Pencar 2. It was seen from the average value of the initial condition of 55,44 into 75,18 with "good” category.

Keywords : narrative essay writing skill, movie media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.