PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA KELAS V

Rifka Annisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model active learning tipe card sord untuk meningkatkan keaktivan siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD N 1 BERO. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Bero yang terdiri 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe card sord pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan keaktivan siswa kelas V SD N 1 Bero. Hasil pengamatan pada pra tindakan belum ada siswa yang memiliki keaktivan dalam kategori baik. Tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan keaktivan siswa yaitu pada tindakan pertama 21,43% dan pada tindakan kedua 42,86%. Siklus II keaktivan siswa meningkat menjadi 71,42% pada tindakan pertama dan 85,71% siswa mencapai keaktivan dalam kategori baik pada tindakan kedua.

Kata kunci : model active learning tipe card sord, keaktivan siswa

 

Abstract

This research is aim to apply the active learning model of the card sort type to improve students’ activeness in Civic Education learning in Grade V of SD N 1 Bero. The research was a classroom action research. The research subjects were Grade V students of SD N 1 Bero, consistis of 4 male and 10 female. The technique of data collecting was observation and documentation. The technique of data analysis were quantitative and qualitative descriptive. The research of the the study showed that the active learning model of the card sort type was capable of improved the activeness of grade V in SD N 1 Bero. The results of the observations in the pre-action showed that no students were highly active. The actions in Cycle I were capable of improving the students’ activeness to 21.43% through the first action and 42.86% through the second action. In Cycle II their activeness improved to 71.42% through the first action and 85.71% of them were highly active through the second action.

Keywords: students’ activeness, active learning model of card sort type

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.